Saturday, February 16, 2013

OLEH-OLEH BALI, PIE SUSU

Oleh-oleh Bali. Setiap jalan-jalan ke Bali pasti pulangnya dimintain oleh-oleh sama teman, kerabat, keluarga juga tetangga. Yang masih trend sekarang sebagai oleh-oleh dari Bali adalah Pie (baca: pay) Susu.

Sebenarnya nothing special sama Pie Susu itu, bisa kok bikin sendiri di rumah. Hahaha... pasti marah deh yang jualan Pie Susu. Kali ini saya mau share gimana sih caranya bikin Pie Susu itu? Ini dia Pie Susu ala Henny.


Gampang kok sebenarnya, Pie Susu tidak sama dengan Pia ala Chinese yang sebelumnya kita kenal juga sebagai Pia Bali yang isinya kacang hijau kupas yg dihaluskan. Pie Susu sebenarnya adalah Pie, bagian kulit dasarnya itu ya resep Pie biasa, atau disebut sebagai 'Pie Crust'. Nah untuk 'Filling'nya pakai cream cheese....

Bahan-bahan, untuk Filling :
- 500 gr Cream Cheese merek Yummy
- 200 gr Gula pasir
- 4 telur, putihnya
- 3 telur, kuningnya
- 3 sendok makan minyak sayur
- 35 gr tepung maizena
- 1 sendok makan parutan kulit lemon
- 2 sendok makan perasan perasan jeruk lemon
- 1 sendok teh garam

Cara membuat adonan 'Filling':

  • Parut kulit jeruk lemon dan campurkan dalam gula pasir
  • Pisahkan telur putih dan kuningnya, dalam mangkok besar kocok putih telurnya dengan sedikit garam sampai mengembang, masukan perasan jeruk lemon sambil terus dikocok sampai benar-benar kaku, sisihkan dalam lemari es supaya tidak mencair.
  • Didalam mangkok besar lainnya lunakkan cream keju dengan pengaduk elektrik, masukkan gula dan parutan kulit lemon nya dan kocok hingga semua gula larut, kocok kuning telur di tempat lain kemudian masukan ke dalam campuran kejunya. 
  • Setelah tercampur rata masukkan minyak sayur dan tepung maizena, kocok lagi hingga semua tercampur rata.
  • Keluarkan kocokan putih telur dari kulkas, aduk sebagian putih telur kedalam campuran keju, aduk ringan dengan arah memutar dari atas ke bawah, seperti melipat, jangan diaduk terlalu kuat karena udara dalam putih telur akan menghilang. Adukan putih telur akan sedikit mencair. Setelah sebagian putih telur tercampur rata baru masukkan sisanya, aduk kembali sampai rata.
  • Keluarkan adonan kulit pie dari dalam kulkas, giling tipis sekitar setengah cm, cetak dan letakkan pada loyang pie yang sudah dioles mentega dan ditaburi tepung.
  • Tuang adonan isi pada kulit pia-nya, panggang pada api sedang lebih kurang 45 menit tergantung besar kecil ukuran pie-nya.


Biar bagian atasnya coklat gelap tapi pie crust-nya just right, tidak gosong dan kulitnya crunchy.

No comments:

Post a Comment