Monday, May 28, 2018

RASH GUARD


Berita mengejutkan meninggalnya menantu Hatta Rajasa, Adara Taista karena kanker kulit mendadak orang mulai membicarakan soal Kanker Melanoma. Sejenis kanker kulit yang konon ganas, karena dapat menyebar pada bagian-bagian tubuh lain termasuk getah bening serta organ-organ paru, hati, otak, tulang dan dapat menyebabkan kematian.

Sunscreen lotion bagus untuk mencegah kulit terbakar matahari, tapi orang cenderung hanya terfokus pada wajah, tangan dan kaki ketika pakai lotion tabir surya. Padahal sebenarnya bagian-bagian tubuh yang paling rentan terkena kanker kulit adalah leher, bahu, punggung, dada, perut. Nah justru bagian-bagian tersebut yang justru jarang kita oles dengan lotion

Matahari di Indonesia bisa dibilang cukup tajam membakar kulit yang jadi pemicu awal terjadinya Melanoma. Salah satu pencegahan lainnya yaitu melindungi kulit dengan menggunakan pakaian yang tepat saat melakukan kegiatan outdoor.

Memiliki Rash guard adalah keharusan buat yang sering "Kècéh" alias basah-basahan di tempat terbuka. Apa itu Rash guard? Mungkin masih banyak yang belum tahu. Rash guard adalah pakaian khusus bukan sekedar T-shirt buat basah-basahan. Rash guard dibuat dari bahan khusus yang mempunyai kemampuan merefleksikan sinar UV. Jika Sunscreen lotion mempunyai SPF seperti itulah kira-kira material yang digunakan untuk Rash guard. Dan Rash guard dengan material yang bagus memiliki kemampuan 90% merefleksikan sinar UV, atau SPF 90. Pilihlah warna-warna terang seperti putih, pink, baby blue, hijau karena warna terang tidak menyerap panas. 

Jika ingin tahu bentuk Rash guard seperti apa, lihat foto di atas. Seperti T-shirt hanya materialnya khusus. Banyak digunakan oleh surfer dan banyak dijual di toko-toko penjual pakaian pantai, seperti Billabong, Rip curl, Quick Silver, dan semua brand yang mengeluarkan produk peralatan olah raga air juga mengeluarkan produk-produk fashion untuk basah-basahan.

Yang terpenting lagi lindungi juga anak-anak dari pengaruh sinar UV. Karena konon mulai usia anak-anaklah kanker Melanoma ini awal terjadinya. Bayi-bayi yang mulai diajak ke pantai juga harus dilengkapi dengan pakaian anti sinar UV ini.

No comments:

Post a Comment